dc.contributor.author | Siahaan, Ervina | |
dc.date.accessioned | 2018-03-28T11:52:44Z | |
dc.date.available | 2018-03-28T11:52:44Z | |
dc.date.issued | 2017-03-15 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/892 | |
dc.description.abstract | Untuk membantu anak yang mengalami keterbatasan atau juga dikenal dengan anak berkebutuhan khusus maka dirancanglah metode pendekatan belajar dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Program Pendidikan bagi anak berkebutuhan harus dirancang secara tepat dan ditulis sebagai dokumen yang mendeskripsikan program pendidikan bagi mereka. IEP(Individualized Education Program)/PPI (Program Pembelajaran Individu) rencana/program yang disusun bagi setiap anak berkelainan berdasarkan hasil assesmen dan disesuaikan dengan kondisi, kemampuan dan kebutuhan anak bersangkutan.
Adapun subjek dalam penelitian ini adalah satu orang terapis yang menggunakan program pendidikan individu, dan sudah memiliki pengalaman menjadi terapis selama satu tahun. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang yang berusaha menggambarkan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang terjadi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penggunaan IEP/PPI dapat membantu pengajar/terapis dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak. Selain hal tersebut pengajaran untuk anak menjadi lebih terarah dalam pelaksanaannya. | en_US |
dc.publisher | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas HKBP Nommensen | en_US |
dc.subject | Program Pembelajaran Indiviudal (PPI) | en_US |
dc.subject | Anak Berkebutuhan Khusus | en_US |
dc.title | Gambaran Penggunaan Individual Education Program (IEP) Pada Anak Berkebutuhan Khusus | en_US |