Gambaran Kemandirian Pada Remaja Tunagrahita Ringan Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat(YPAC) Medan-Sumatera Utara
dc.contributor.author | Siahaan, Ervina | |
dc.contributor.author | Sinaga, Wilhelmina | |
dc.date.accessioned | 2018-03-28T11:07:37Z | |
dc.date.available | 2018-03-28T11:07:37Z | |
dc.date.issued | 2016-12-17 | |
dc.identifier.isbn | 978-979-17880-2-1 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/889 | |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemandirian pada anak tunagrahita. Istilah ini digunakan untuk menyebut anak yang mempunyai kemampuan intelektual dibawah rata-rata. Kemandirian baik dimiliki oleh anak sejak usia dini dimana anak akan terbiasa mengerjakan kebutuhannya sendiri. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa subyek memiliki kemandirian dalam beberapa hal yaitu kepercayaan diri, mampu bekerja sendiri, aktif dan inisatif. Namun dalam tanggung jawab terlihat perbedaan diantara kedua subyek. Kemandirian dalam kontrol diri belum terlihat adanya perkembangan sehingga perlu ditingkatkan lagi. Salah satu hal yang mendukung perkembangan kemandirian pada remaja tunagrahita adalah pola asuh orang tua yang memberikan kepercayaan dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. . | en_US |
dc.publisher | Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Bekerja Sama Dengan Himpsi | en_US |
dc.subject | Kemandirian | en_US |
dc.subject | RemajaTunagrahita | en_US |
dc.title | Gambaran Kemandirian Pada Remaja Tunagrahita Ringan Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat(YPAC) Medan-Sumatera Utara | en_US |