dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Gajah Mada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas X IPS SMA Gajah Mada yang berjumlah 19 orang siswa sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Regresi Linear Sederhana, Uji Keberartian Regresi (Uji-t), Uji Koefisien Regresi (Uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan diperoleh persamaan Y =
35.603 + 0,858X dengan penjelasan bahwa setiap peningkatan 1% kreativitas guru dalam mengajar maka hasil belajar siswa akan meningkat 0,858. Uji hipotesis secara parsial (Uji-t) untuk variabel X diperoleh t-hitung (5.165) > t-tabel (2.109) dan p-value (0.000) yang dapat disimpulkan bahwa variabel bebas X (kreativitas guru dalam mengajar) memberi pengaruh signifikan terhadap variabel terikat Y (hasil belajar siswa). | en_US |