dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh Program Kampus Mengajar terhadap Kompetensi Literasi Siswa; (2) Pengaruh Program Kampus Mengajar terhadap Kompetensi Num8erasi Siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Al Bukhari Muslim Medan T.A 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh2 siswa SMP Al Bukhari Muslim Medan yang berjumlah 55 orang dan sebagian Bapak/Ibu Guru yang berjumlah 14 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampel. Teknik pengambilan data menggunakan angket (kue8sioner). Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan realibilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbach. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program Kampus Mengajar berpengaruh secara positif dan siginifikan terhadap Kompetensi Literasi dengan nilai thitung > ttabel. ( 4,199 > 1,674) dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05; (2) Program Kampus Mengajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kompetensi Numerasi dengan nilai thitung > ttabel. (4,555 > 1,674) dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi ( R2) Program Kampus Mengajar terhadap Kompetensi Literasi sebesar 0,083 atau 8,3% dan Numerasi sebesar 0,078 atau 7,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitin ini. Persamaan regresi linear sederhana yang dihasilkan untuk variabel Kompetensi Literasi (Y1) adalah Y = 46.244 + 0,003 X dan untuk vairabel kompetensi Numerasi (Y2) adalah Y = 43.471 + 0,002 X. | en_US |