Show simple item record

dc.contributor.authorLUBIS, FIRDAUS GEN
dc.date.accessioned2023-08-09T04:33:21Z
dc.date.available2023-08-09T04:33:21Z
dc.date.issued2023-08-09
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8841
dc.description.abstractPerkerasan jalan ada tiga jenis yaitu perkerasan lentur, perkerasan kaku dan pekerasan komposit yaitu kombinasi dari perkerasan lentur dengan perkerasan kaku. Konstruksi perkerasan jalan lentur (fleksibel pavement) yaitu suatu susunan konstruksi perkerasan yang lapisan atas beraspal serta bahan berbutir yang terletak dibawahnya. Perencanaan berada di Jalan Tiga Runggu Kabupaten Simalungun. Perencanaan ini meliputi survei lalu lintas dan mengetahui California Bearing Ratio (CBR) tanah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah merencanakan perbaikan tanah dasar (subgrade) dan perkerasan di Jalan Tiga Runggu Kabupaten Simalungun. Untuk merencanakan lapis perkerasan lentur (flexible Pavement) dibutuhkan data-data primer dan data-data sekunder. Data tersebut terdiri dari LHR, Dynamic Cone Penetrometer (DCP), data field density test subgrade, data field density test urgan pilihan (urpil) dan data field density test agregat kelas A. Hasil pengelolahan dan perhitungan hasil penelitian dilapangan diperoleh susunan perkerasan jalan yaitu lapis permukaan (laston) AC-WC = 4cm, AC-BC= 6cm, lapis pondasi atas (batu pecah kelas A) = 20 cm, lapis pondasi bawah (tanah/lempung kepasiran) = 27 cm. Perencanaan perbaikan tanah dan perkerasan jalan sudah sesuai dengan aturan Bina Maga 2017 yang sesuai dengan Spesifikasi Umum 2018.en_US
dc.subjectDynamic cone Penetrometer,en_US
dc.subjectDaya Dukung Tanahen_US
dc.subjectOverlay.Daya Dukung Tanah danen_US
dc.subjectOverlay.en_US
dc.titlePERENCANAAN PERBAIKAN TANAH DAN PERKERASAN JALAN DI JALAN TIGA RUNGGU KABUPATEN SIMALUNGUN (STUDI KASUS)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record