EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SMP SWASTA GAJAH MADA MEDAN T.A 2015/2016
Abstract
Laia, Hervin. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Cahaya Kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi pokok cahaya dikelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2 kelas yang masing-masing berjumlah 26 orang dan 25 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling), yakni kelas VIIIA (kelas eksperimen) dan kelas VIIIB (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah berupa tes belajar sebanyak 20 soal dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan , yang telah divalidkan oleh guru bidang studi fisika. Sebelum perlakuan pembelajaran, kedua kelas diberi pretes untuk uji kesamaan kemampuan awal siswa.
Setelah dilakukan pembelajaran dengan perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata postes siswa kelas eksperimen adalah 74,62 dengan simpangan baku 11,31 sedangkan nilai rata-rata nilai postes kelas kontrol adalah 65,20 dengan simpangan baku adalah 13,34. Uji persyaratan menyatakan bahwa populasi menyebar normal dan homogen. Setelah itu dilakukan analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,7218 > ttabel = 1,6755 pada taraf signifikan 0,05. Dengan kata lain, hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Cahaya untuk siswa kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan T.A 2015/2016.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]