dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kolaborasi Dosen Praktisi Terhadap Self Efficacy Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan populasi seluruh Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 dan 2020 Universitas HKBP Nommensen Medan yang berjumlah 45 orang mahasiswa sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni Uji Normalitas,Uji Regresi Linear Sederhana, Koefisien Determinasi, Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kolaborasi Dosen Praktisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Self Efficacy Mahasiswa dengan
diperoleh persamaan Y = 24,380 + 0,539X dengan pejelasan yang menunjukkan
bahwa kolaborasi dosen praktisi yang dilakukan meningkat atau bertambah sebesar 1
satuan, maka prediksi self efficacy mahasiswa FKIP Pendidikan Ekonomi Universitas
HKBP Nommensen Medan akan meningkat sebesar 0,539 satuan. Uji hipotesis secara
parsial (Uji-t) diperoleh thit > ttab atau 4,377>1,681 dengan nilai signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05. Yang dapat disimpulkan bahwa varibel bebas X ( Kolaborasi
Dosen Praktisi) memberi pengaruh signifikan terhadap variabel terikat Y (Self
Efficacy Mahasiswa). | en_US |