Show simple item record

dc.contributor.authorLUBIS, DEBORA ULI
dc.date.accessioned2023-05-31T05:03:28Z
dc.date.available2023-05-31T05:03:28Z
dc.date.issued2023-05-31
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8638
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan siswa mengidentifikasi gaya bahasa terhadap kemampuan menulis cerita inspiratif. Faktor yang mengakibatkan kemampuan menulis siswa rendah dikarenakan kurangnya Kosakata siswa, sulitnya menyalurkan ide dalam tulisan. serta kurang mampu memahami gaya bahasa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, dengan subjek penelitian kelas IX SMP N 4 Laguboti T.A 2022/2023, dengan jumlah 194 siswa dan sampel sebanyak 32 orang. Penentuan sampel dengan teknik undian, Jenis desain penelitiaan ini pra-experimental design yaitu One Grup Pretes-Posttes design, yang hanya memakai satu kelas untuk diteliti, Satu kelas tersebut akan diuji terlebih dahulu dengan diberi tugas yang disebut pretest. Setelah itu kelas tersebut diberi perlakuan dengan menerapkan variabel bebas saat mengajarkan variabel terikat kepada siswa. Teknik pengumpulan data dengan memberikan tes penugasan kepada para siswa. Hasil dari penelitian ini kegiatan mengidentifikasi gaya bahasa berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita inspiratif, hal ini terbukti dari Uji Hipotesis yang telah dilakukan dengan Fhitung > Ftabel atau 11,59 > 2,03. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.en_US
dc.subjectGaya Bahasa;en_US
dc.subjectKemampuan Menulisen_US
dc.titlePENGARUH KEMAMPUAN SISWA MENGIDENTIFIKASI GAYA BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA INSPIRATIF DI KELAS IX SMP N 4 LAGUBOTIen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record