Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Daur Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar melalui model daur belajar lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar melalui model konvensional, dimana kenyataan di lapangan selama ini pembelajaran dengan menggunakan model konvensional hasil belajar matematika siswa SMK kurang memuaskan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pemberian model daur belajar sebagai perlakuan dengan rancangan randomized control-group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Dharma Bhakti Siborongborong. Banyak siswa sampel adalah 38 orang kelas eksperimen dan 38 orang kelas kontrol. Untuk menguji ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa dari kedua kelompok digunakan analisis of covarian. Dari hasil penelitian dengan tarif signifikansi 5% diperoleh ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajar melalui model daur belajar dengan melalui model konvensional, yakni pembelajaran dengan model pembelajaran dengan model daur belajar lebih baik dibanding dengan pembelajaran konvensional