Show simple item record

dc.contributor.authorPAKPAHAN, ALFREDO HIDAYAT
dc.date.accessioned2023-05-09T03:27:11Z
dc.date.available2023-05-09T03:27:11Z
dc.date.issued2023-05-09
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8540
dc.description.abstractPenelitian ini mempunyai 3 tujuan penelitian yaitu : 1) Untuk mengetahui bagaimana pendapatan usahatani salak di Kecamatan Pakkat, 2) Untuk mengetahui bagaimana efisiensi usahatani salak di Kecamatan Pakkkat, dan 3) Untuk mengetahui sistem pemasaran (saluran pemasaran,margin pemasaran,dan efisiensi pemasaran) usahatani salak di Kecamatan Pakkat. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan,Penelitian dilakukan di Desa Purba Baringin, Purba Bersatu, dan Parmonangan Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan dengan pertimbangan bahwa daerah ini merupakan daerah yang mengusahakan tanaman salak dengan hasil produktivitas tertinggi,sedang, dan terendah. Metode penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive atau secara sengaja yaitu teknik penentuan suatu daerah berdasarkan pertimbangan tertentu yang telah dibuat terhadap suatu objek yang sesuai dengan tujuan penelitian. Dalam penelitian ini, jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Jumlah sampel adalah sebanyak 30 petani salak dan 6 pedagang salak Penentuan jumlah petani salak sampel dilakukan dengan menggunakan metode Accidental Sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis pendapatan, efisiensi dan sistem pemasaran usahatani salak di Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pendapatan petani salak di Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan adalah sebesar Rp 21.506.335 dan tingkat efisiensi usahatani salak di Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan adalah R/C 2,9. Dan untuk saluran dan total margin pemasaran salak di Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan mempunyai 1 (satu) pola saluran pemasaran yaitu : Petani Pedagang Pengumpul Desa Pedagang Pengumpul Kecamatan/Kabupaten. Total margin pemasaran pada saluran pemasaran di Desa Purba Baringin yaitu sebesar Rp 23.000/Kg. Desa Purba Bersatu yaitu sebesar Rp 23.500/Kg dan Parmonangan yaitu sebesar Rp 22.000/Kg. Saluran pemasaran di Kecamatan Pakkat adalah efisiensi karena bagian yang diterima setiap lembaga pemasaran ≤ 50%.en_US
dc.subjectAnalisis Pendapatan Dan Efisiensi,en_US
dc.subjectSistem Pemasaran Usahatani Salak,en_US
dc.subjectDi Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutanen_US
dc.titleANALISIS PENDAPATAN DAN EFISIENSI SERTA SISTEM PEMASARAN USAHA TANI SALAK DI KECAMATAN PAKKAT, KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record