Show simple item record

dc.contributor.authorPURBA, OGY YEREMIA CASESARANDO
dc.date.accessioned2023-05-03T07:41:30Z
dc.date.available2023-05-03T07:41:30Z
dc.date.issued2023-04-03
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8518
dc.description.abstractLatar Belakang : Penerapan prinsip problem based learning dalam kegiatan pembelajaran di fakultas kedokteran salah satunya adalah melalui diskusi tutorial. Manfaat kegiatan tutorial seperti perolehan pengetahuan dan meningkatkan kerja sama tim akan didapatkan jika kegiatan tutorial berjalan dengan baik. Adapun faktor yang mempengaruhi proses kegiatan tutorial adalah seperti perilaku tutor dan efektiftas dari kelompok tutorial itu sendiri. Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku tutor dan efektifitas kelompok tutorial di Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan Tahun Ajaran 2022/2023 Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober – November 2022. Pengambilan data dilakukan sebanyak 1 kali menggunakan data primer dari hasil kuesioner mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan angkatan 2020 dan 2021. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 179 mahasiswa/i dengan teknik total sampling Hasil : Hasil kuesioner angkatan 2020 didapati hasil bahwa perilaku tutor aspek kesesuaian sosial dipersepsikan rendah oleh mahasiswa sebanyak 18 (22,5%) orang dan tinggi sebanyak 62 (77,5%) orang. Aspek kesesuaian kognitif dipersepsikan rendah sebanyak 0 (0%) dan tinggi sebanyak 80 (100%). Aspek penguasaan materi belajar dipersepsikan rendah sebanyak 43 (53,8%) orang dan tinggi sebanyak 37 (46,2%). Sedangkan untuk efektifitas kelompok tutorial dipersepsikan mahasiswa rendah sebanyak 0 (0%) dan tinggi sebanyak 80 (100%), kemudian pada angkatan 2021 didapati hasil persepsi bahwa perilaku tutor aspek kesesuaian sosial dipersepsikan rendah oleh mahasiswa sebanyak 28 (28,3%) orang dan tinggi sebanyak 71 (71,7%) orang. Aspek kesesuaian kognitif dipersepsikan rendah sebanyak 0 (0%) dan tinggi sebanyak 99 (100%). Aspek penguasaan materi belajar dipersepsikan rendah sebanyak 76 (76,8%) orang dan tinggi sebanyak 23 (23,2%). Sedangkan untuk efektifitas kelompok tutorial dipersepsikan mahasiswa rendah sebanyak 0 (0%) dan tinggi sebanyak 99 (100%) Kesimpulan : Gambaran tingkat perilaku tutor dari aspek kesesuaian sosial, kognitif, penguasaan materi belajar dan tingkat efektifitas kelompok tutorial dipersepsikan tinggi kecuali penguasaan materi belajar oleh kedua angkatan 2020 dan 2021 mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan.en_US
dc.subjectPerilaku tutor,en_US
dc.subjectEfektifitas kelompok tutorial,en_US
dc.subjectProblem-based learning,en_US
dc.subjectTutorial fakultas kedokteranen_US
dc.titleGambaran Perilaku Tutor dan Efektifitas Kelompok Tutorial di Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan Tahun Ajaran 2022/2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record