Show simple item record

dc.contributor.authorMANURUNG, JUNIFER PARSAORAN
dc.date.accessioned2022-12-16T03:37:47Z
dc.date.available2022-12-16T03:37:47Z
dc.date.issued2022-12-16
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8278
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana keterkaitan antara Pengaruh metode cooperative learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan dengan jumlah sampel sebanyak 18 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi product moment person dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (Pengaruh metode cooperative learning) dan variabel Y (motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan). Untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh metode cooperative learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,44 dengan uji determinasi sebesar 19% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata (α) = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika t_hitung yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari t_tabel pada taraf signifikan 1-0.05 dengan dk= n – 2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh t_hitung > t_tabel (2,18 > 1,75), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterkaitan yang berarti antara pengaruh metode cooperative learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Gajah Mada Medan.en_US
dc.subjectPengaruh metode cooperative learning,en_US
dc.subjectMotivasi belajar siswaen_US
dc.titlePENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN STUDI KASUS: KELAS VIII SMP GAJAH MADA MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record