dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA SMP Methodist – 9 Medan di era new normal pada tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dalam bentuk skala likert. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII dan kelas VIII SMP Methodist – 9 Medan yang berjumlah 77 orang dan 1 guru bidang studi IPA. Hasil penelitian yang didapatkan dari enam butir pernyataan, yaitu pertama indikator cita – cita dan aspirasi peserta didik (73%) dan respon guru (90%) yang dikategorikan tinggi, indikator kemampuan belajar peserta didik (72%) dan respon guru (69%) yang dikategorikan tinggi, indikator kondisi peserta didik (67%) dikategorikan sedang dan respon guru (93%) dikategorikan tinggi, indikator upaya guru dalam pembelajaran pada peserta didik (80%) dan respon guru (84%)
dikategorikan tinggi, indikator kondisi lingkungan peserta didik (72%) dan respon
vi
guru (100% ) dikategorikan tinggi dan fasilitas peserta didik (71%) dan respon guru
(95%) dikategorikan tinggi.
Rata – rata respon peserta didik dan guru bidang studi IPA diambil sebesar 80% dan
20% sehingga nilai rata-rata dari keseluruhan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA SMP Methodist – 9 Medan di Era New Normal adalah sebesar 76% dikategorikan tinggi. | en_US |