• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    GAMBARAN HARDINESS PADA GURU HONORERDI SDN 106803 DESA PEMATANG JOHAR

    Thumbnail
    View/Open
    NAOMI KURNIAWATY PARDEDE..pdf (460.8Kb)
    Date
    2022-12-14
    Author
    PARDEDE, NAOMI KURNIAWATY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dunia pendidikan guru sebagai elemen penting saat berlangsungnya psoses belajar mengajar baik secara tatap muka atau online. Sebagai guru banyak hal yang dialami baik suka, duka, pahit dan manisnya berprofesi sebagai guru terutama guru honorer. Guru honorer mendapatkan sebuah pendapatan setiap bulan tergantung kebijakan sekolah masing-masing. Keunikan yang ditemukan pada guru honorer di SDN 106803 bahwa guru honorer sudah mengajar di sekolah tersebut selama 10-13 tahun. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana gambaran hardiness pada guru honorer di SDN 106803 Desa Pematang Johar.Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menggali lebih dalam gambaran hardiness pada guru honorer Di SDN 106803 Desa Pematang Johar.Penelitian ini dirancang dengan metode kualitatif. Penentuan informan yang dipilih dengan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan tape recorder.Proses analisis data melalui tahapan mengorganisasikan data, coding dan analisis, pengujian terhadap dugaan, strategi analisis, interprestasi dan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini bahwa guru honorer yang sudah mengajar selama 10-13 tahun di SDN 106803 memiliki kepribadian hardiness subjek I dan II sama-sama memiliki kepribadian hardiness yang kuathal tersebut dapat dibuktikan dari aspek-aspek hardiness yaitu aspek control, commitment, dan challenge. Ditemukan pada aspek control subjek dapat mengendalikan kelas saat keadaan tidak kondusif dan mampu mengatur waktu mengerjakan tugas sebagai pengajar dan mengerjakan pekerjaan sampingan. Pada aspek commitment subjek bertahan sebagai guru karena sudah menjadi cita-citanya, harapan untuk menjadi P3K. Aspek challenge subjek mampu mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pemasukan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8216
    Collections
    • Ilmu Psikologi [306]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback