• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Kewarganegaraan
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Kewarganegaraan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru PPKn Dalam Mengaktifkan Siswa Kelas IX SMP Y.P TRI JAYA Medan T/P 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    ALI ANDO TINAMBUNAN.pdf (194.6Kb)
    Date
    2022-11-28
    Author
    TINAMBUNAN, ALI ANDO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keterampilan Mengajar Guru PPKn Dalam Mengaktifkan Siswa Kelas IX SMP Y.P TRI JAYA Medan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian di lapangan. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi secara langsung ke SMP Y.P TRI JAYA Medan, penyebaran angket, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 55 orang dan sampel yang digunakan adalah seluruh jumlah sampel, dari jumlah populasi yaitu sebanyak 55 orang dengan menggunakan teknik sampel total . Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMP Y.P TRI JAYA Medan dapat disimpulkan bahwa responden yang menjawab guru PPKn menguasai keterampilan mengajar dalam mengaktifkan siswa kelas IX SMP Y.P TRI JAYA Medan yaitu dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa, memberikan pujian kepada siswa, mengajar dengan metode secara bervariasi, menyampaikan materi yamg mudah dipahami, membuka dan menutup pempelajaran, sebelum memulai pembelajaran selalu menyampaikan tujuan materi yang akan disampaikan, memberikan kesempatan pada siswa untuk mengeluarkan pendapat, mengadakan diskusi kelompok, mengelola kelas dan memperhatikan siswa, memberikan motivasi kepada siswa, pada saat masuk ke ruang kelas selalu memberikan kata salam, memberikan nasihat moral kepada siswa, pada saat memberi perintah siswa melaksanakannya, siswa mengerjakan tugas rumah yang diberikan, menjelaskan tujuan yang terkandung dalam Pancasila, menerapkan sifat gotong royong, menggunakan media pembelajaran agar peserta didik tidak bosan, metode pembelajaran yang membuat siswa berpartisipasi aktif dalam pempelajaran, menyampaikan materi pembelajaran dengan jelas dan mudah dipahami dan pada saat pembelajaran berlangsung siswa mengikutinya.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7888
    Collections
    • Pendidikan Kewarganegaraan [52]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback