Show simple item record

dc.contributor.authorSIMANULLANG, EKA NATASYA
dc.date.accessioned2022-11-21T08:36:12Z
dc.date.available2022-11-21T08:36:12Z
dc.date.issued2022-11-21
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7739
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan yang berjumlah 346 orang. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 soal pilihan berganda yang telah di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Sebelum dilakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat menggunakan uji Lilliefors dan uji F serta diperoleh bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Pada perhitungan uji hipotesis untuk data pretest menggunakan uji-t dua pihak dengan α = 0,05 diperoleh thitung = -0,26 dan ttabel = 1,9994. Dengan thitung < ttabel maka H0 diterima artinya bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol sebelum diberi perlakuan. Selanjutnya diberikan perlakuan berbeda kepada kedua kelas dan dilakukan uji hipotesis data posttest menggunakan uji-t satu pihak. Dari hasil perhitungan uji-t satu pihak untuk α = 0,05 diperoleh thitung = 2,07 dan ttabel = 1,6697. Dengan thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Medan. Untuk melihat hubungan antara masing-masing variabel digunakan uji regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear sederhana yaitu = 15,79 + 0,78X. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan.en_US
dc.subjectStrategi Pembelajaran Berdiferensiasi,en_US
dc.subjectHasil Belajar,en_US
dc.subjectPeserta Didiken_US
dc.titlePengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Olehen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record