Show simple item record

dc.contributor.authorSIAHAAN, YULIA
dc.date.accessioned2022-11-18T08:30:05Z
dc.date.available2022-11-18T08:30:05Z
dc.date.issued2022-11-18
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7711
dc.description.abstractSistem pengendalian intern merupakan struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian, dan keandalan data akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Belmera Medan yang bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem pengendalian intern PT. Jasa Marga (Persero) Tbk atas prosedur transaksi pembayaran jalan tol Belmera, dan untuk mengetahui efektivitas sistem pengendalian intern PT. Jasa Marga (Persero) Tbk atas prosedur transaksi pembayaran jalan tol Belmera. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang sudah ada kemudian menganalisis berdasarkan komponen pendendalian intern yang diterapkan oleh COSO. Jenis data dalam penelitian ini termasuk dalam jenis data kulitatif dengan menggunakan sumber data primer, dengan metode pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dalam pelaksanaan aktivitas operasional transaksi pembayaran jalan tol, terdapat kesalahan atau kelemahan seperti saldo tidak mencukupi dalam pembayaran tol dan reader contacless juga masih sering ditemukan lambat dalam membaca kartu saat melakukan pembayaran. Sistem pengendalian intern atas prosedur transaksi pembayaran jalan tol Belmera sudah berjalan dengan cukup baik, sesuai dengan komponen pengendalian intern menurut COSO. Tetapi, masih diperlukan penyempurnaan pada beberapa komponen agar menjadi lebih efektif. Saran dari penulis yaitu sebaiknya PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Belmera Medan lebih sering melakukan pemantauan terhadap permasalahan teknis yang terjadi pada mesin pembaca tersebut serta ada baiknya jika kantor cabang juga ikut ambil dalam penilaian resiko serta analisis informasi dan komunikasi, sekalipun perusahaan hanya sebagai aktifis operasional. Hal ini karena kantor cabang yang bekerja dilapangan.en_US
dc.subjectSistem Pengendalian Intern,en_US
dc.subjectPembayaran Jalan Tolen_US
dc.titleSISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PEMBAYARAN JALAN TOL (STUDI KASUS PADA PT. JASA MARGA (PERSERO) Tbk. CABANG BELMERA MEDAN)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record