dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor berpengaruh peningkatan kemampuan adaptif teknologi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Gajah Mada T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan jenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Gajah Mada T.A 2022/2023 yang berjumlah 19 orang siswa dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil angket dan hasil belajar siswa(DKN).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa, motivasi berprestasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Gajah Mada yaitu 0,435 jika motivasi berprestasi mengalami peningkatan maka hasil belajar akan naik sebesar 43,5% yang menunjukkan bahwa motivasi berprestasi berpengaruh terhadap hasil belajar.dan berpikir kritis mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kelas X IPS SMA Gajah Mada sebesar 1,148 dan jika mengalami penaikan 1 %, maka hasil belajar akan meningkat sebesar 14,8% dengan asumsi variabel lainnya tetap. Maka dapat disimpulkan motivasi berprestasi (x1) dan berpikir kritis (x2) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar (Y) dari koefisien determinasi R2 sebesar 85,6% sedangkan 14,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini. | en_US |