PENERAPAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 TAPIAN NAULI T. A 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan belajar dengan model Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 1 Tapian Nauli T.A 2022/2023.
Adapun objek penelitiannya adalah kelas VIII SMPN 1 Tapian Nauli dan subjek penelitiannya adalah kelas VIII-5. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PSTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa, dokumentasi dan lembar observasi aktivitas belajar siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
Dari data hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa memperoleh adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh kategori aktivitas belajar sangat tinggi tidak ada (0%), siswa yang aktivitas belajarnya tinggi berjumlah 3 siswa atau (10,71%), siswa yang aktivitas belajarnya cukup berjumlah 25 siswa atau (89,28%), siswa yang aktivitas belajarnya rendah tidak ada. Sedangkan pada siklus II hasil dari observasi aktivitas belajar siswa kategori sangat tinggi 11 siswa atau (39,28%), sedangkan siswa yang aktivitas belajarnya tinggi sekitar 17 siswa atau (60,71%). Selanjutnya adalah dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 10 siswa tuntas atau (35,71%) dengan nilai rata-rata (61,92%) sedangkan pada siklus II meningkat jumlah siswa yang tuntas menjadi 25 siswa atau (89,28%) dengan nilai rata-rata (80,82%).
Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan bimbingan belajar dengan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII-5 SMPN 1 Tapian Nauli Tahun Ajaran 2022/2023.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]