Show simple item record

dc.contributor.authorLUMBAN BATU, EKA D.
dc.date.accessioned2022-11-14T09:43:00Z
dc.date.available2022-11-14T09:43:00Z
dc.date.issued2022-11-14
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7640
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui aktivitas hasil belajar dengan menerapkan problem-based learning di kelas VIII SMP Negeri 1 Borbor. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus memilki tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Strategi pembelajaran berorientasi pada aktivitas berpikir kritis peserta didik dengan desain penelitian two group pre test and pos tes desain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada siklus I diperoleh sebanyak 2 orang (6,90%) yang memiliki kemampuan berpikir kritis sangat tinggi dan sedang, sedangkan 7 orang (24,13%) berpikir kritisnya rendah, dan 16 orang (55,17%) aktivitas belajarnya sangat rendah. Selanjutnya pada siklus II, 22 orang (75,86%) berpikir kritis tergolong sangat tinggi, 2 orang (6,90%) tergolong tinggi dan 5 orang (17,24%) tergolong rendah. Untuk hasil belajar peserta didik pada pre-test siklus I didapatkan rata-rata sebesar 58,28% sedangkan untuk post-tes rata-rata sebesar 64,48%. Selanjutnya pada siklus II, untuk nilai pre-tes didapatkan rata-rata sebesar 65,86% sedangkan untuk nilai post-test sebesar 77,58%. Disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dan berpikir kritis pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Borbor mulai dari siklus I dan siklus II setelah menerapkan pembelajaran berorientasi pada aktivitas berpikir kritis.en_US
dc.subjectBerpikir kritis peserta didik,en_US
dc.subjectProblem-based learningen_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI PROBLEM-BASED LEARNING DI SMP NEGERI 1 BORBORen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record