dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhada, hasil belajar IPS kelas IX SMP Negeri 1 Sipahutar T.A 2022/2023.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sipahutar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX.3 yang berjumlah 32 peserta didik. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa yang digunakan untuk melihat aktivitas belajar peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
Dari data hasil observasi terhadap aktivitas belajar peserta didik menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh kategori sangat tinggi tidak ada (0%), kategori tinggi 5 orang (15,62%), kategori cukup 26 orang (81,25%), dan peserta didik yang hasil belajarnya rendah tidak ada (0%). Sedangkan pada siklus ke II diperoleh diperoleh kategori aktivitas belajar peserta didik sangat tinggi sebanyak 23 orang (71,87%), kategori tinggi 8 orang (25%) kategori cukup dan rendah tidak ada (0%). Selanjutnya dari data nilai hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh yang tuntas sebanyak 16 orang (50%) dengan nilai rata-rata 49,68 dan siklus II diperoleh jumlah yang tuntas sebanyak 26 orang (81,25%) dengan nilai rata-rata 69,37.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IX SMP Negeri 1 Sipahutar T.A 2022/2023. | en_US |