PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL KORPORAT TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial
korporat yang di proksikan kinerja ekonomi, kinerja lingkungan dan kinerja sosial terhadap profitabilitas perusahaan yang di proksikan Return On Asset (ROA) pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 perusahaan dengan dari 33 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021 pengamatan penelitian selama 3 tahun. Selanjutnya terdapat 5 outlier, sehingga total data menjadi 94 sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini mengunakan analisis regresi linier berganda, dengan menggunakan program SPSS versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja ekonomi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur dengan ROA. Kinerja lingkungan berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur dengan ROA. Kinerja sosial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur dengan ROA.
Pada penelitian ini dapat dinyatakan bahwa tanggung jawab sosial korporat pada perusahaan belum optimal diungkapkan sebaiknya perusahaan dapat memberikan sumbangan pemikiran tentang pentingnya pertanggungjawaban sosial perusahaan diungkapkan di dalam laporan tahunan perusahaan dan memperhatikan kinerja ekonomi, kinerja lingkungan dan kinerja sosial. Terlebih dalam memperhatikan praktek ketenagakerjaan dan kenyamanan bekerja, hak asasi manusia dan masyarakat serta sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan kebijakan perusahaan untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sosial.
Collections
- Akuntansi [1632]