Hubungan Self-efficacy Akademik dan Motivasi berprestasi Terhadap Hasil belajar siswa di SMA Budi Murni 1 Medan
Abstract
Pencapaian hasil belajar siswa yang baik didapatkan dari hasil nilai raport mereka. Hal tersebut didukung karena adanya self-efficacy akademik bahwa keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk mengerjakan tugasnya serta motivasi berprestasi yang dimiliki siswa untuk memperoleh keberhasilan dan melibatkan diri dalam kegiatan dimana keberhasilannya tergantung pada usaha pribadi dan kemampuan yang dimiliki. Siswa yang mampu memiliki self-efficacy akademik dan motivasi berprestasi yang kuat dalam dirinya akan berhasil mencapai hasil belajar yang memuaskan, Namun hal sebaliknya pula jika siswa tidak memiliki self-efficacy akademik dan motivasi berprestasi yang rendah maka hasil belajar yang dicapainya tidak akan terlaksana dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Self-efficacy akademik dan Motivasi berprestasi Terhadap Hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Budi Murni-1 Medan pada siswa k e l a s X I d a n X I I I P A d a n I P S dengan jumlah populasi 512 orang dan jumlah sampel 200 orang. Alat pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah menggunakan skala Likert dari aspek self-efficacy akademik oleh Bandura dan dari aspek motivasi berprestasi dari McClelland sedangkan hasil belajar siswa didapatkan dari nilai raport. Teknik pengambilan sampel menggunakan Gpower. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji korelasi berganda, yang menunjukan hasil bahwa ada hubungan antara self-efficacy akademik dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar di SMA Budi Murni-1 Medan sebesar 0,0210% (2,1%) sedangkan sisanya 97,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar dari variabel Self-efficacy akademik dan Motivasi berprestasi.
Collections
- Ilmu Psikologi [287]