• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Self-efficacy Akademik dan Motivasi berprestasi Terhadap Hasil belajar siswa di SMA Budi Murni 1 Medan

    Thumbnail
    View/Open
    Cindy Meiliana Putri Sibarani.pdf (385.0Kb)
    Date
    2022-11-01
    Author
    SIBARANI, CINDY MELLIANA PUTRI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pencapaian hasil belajar siswa yang baik didapatkan dari hasil nilai raport mereka. Hal tersebut didukung karena adanya self-efficacy akademik bahwa keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk mengerjakan tugasnya serta motivasi berprestasi yang dimiliki siswa untuk memperoleh keberhasilan dan melibatkan diri dalam kegiatan dimana keberhasilannya tergantung pada usaha pribadi dan kemampuan yang dimiliki. Siswa yang mampu memiliki self-efficacy akademik dan motivasi berprestasi yang kuat dalam dirinya akan berhasil mencapai hasil belajar yang memuaskan, Namun hal sebaliknya pula jika siswa tidak memiliki self-efficacy akademik dan motivasi berprestasi yang rendah maka hasil belajar yang dicapainya tidak akan terlaksana dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Self-efficacy akademik dan Motivasi berprestasi Terhadap Hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Budi Murni-1 Medan pada siswa k e l a s X I d a n X I I I P A d a n I P S dengan jumlah populasi 512 orang dan jumlah sampel 200 orang. Alat pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah menggunakan skala Likert dari aspek self-efficacy akademik oleh Bandura dan dari aspek motivasi berprestasi dari McClelland sedangkan hasil belajar siswa didapatkan dari nilai raport. Teknik pengambilan sampel menggunakan Gpower. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji korelasi berganda, yang menunjukan hasil bahwa ada hubungan antara self-efficacy akademik dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar di SMA Budi Murni-1 Medan sebesar 0,0210% (2,1%) sedangkan sisanya 97,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar dari variabel Self-efficacy akademik dan Motivasi berprestasi.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7420
    Collections
    • Ilmu Psikologi [306]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback