dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar mandiri terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Tri Sakti Lubuk Pakam . Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Tri Sakti Lubuk Pakam, berjumlah 32 orang dengan sampel yang terdiri dari 32 orang yaitu seluruh populasi X SMA Tri Sakti Lubuk Pakam. Penelitia ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Survey dengan pendekatan kuantitatif. dengan instrumen yang telah dilakukan uji validitasi instrument serta lembar observasi siswa. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk komunikasi matematis peserta didik : Y = 52.793 + 0,515 X . Pada persamaan regresi prestasi belajar siswa tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya kedua variabel mempunyai hubungan yang linear yang positif yang setiap kenaikan variabel X satu satuan akan diikuti oleh kenaikan Y sebesar + 0,515 satuan. Karena dalam penelitian ini populasi merupakan jumlah sampel maka untuk hubungan dari pengaruh belajar mandiri terhadapa prestasi belajar ekonomi dilihat pada persamaan regresi. Dari hasil perhitungan hipotesis secara parsial ( Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Belajar mandiri berpengaruh positif nilai T_Hitung>T_tabel ( 6.487 > 1,697) dan nilai signifikan <a (0,00 < 0,05) Terdapat pengaruh positif belajar mandiri terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa siswa kelas X IPS SMA Tri Sakti Lubuk Pakam. | en_US |