dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas XI IIS SMA Negeri 1 Siempat Nempu Hulu pada masa pandemi Covid - 19 tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Siempat Nempu Hulu tahun ajaran 2021/2022. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji parsial (uji t), uji secara simultan, uji regresi linear berganda dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa kompetensi guru dan kesiapan belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang menunjukkan bahwa nilai t_hitungvm > t_tabel (2,373 > 2,000) untuk variabel kompetensi guru dan (2,532 > 2,000) untuk variabel kesiapan belajar siswa dan nilai signifikan < a (0,021< 0,05) untuk kompetensi guru dan untuk variabel kesiapan belajar siswa nilai signifikan < a (0,014< 0,05). Kemudian untuk uji f (5,071 > 2,77) dan nilai signifikan < a (0,000^b < 0,005) terdapat pengaruh positif kompetensi guru dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan persamaan regresi Y = 56,279 + 0,114X1 + 0,879X2. | en_US |