dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan peran orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1
Beringin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Beringin. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Analisis Regresi Linear Berganda,Uji Parsial (Uji-t), Uji Homogenitas,Pengujian Hipotesis Secara Simultan (Uji F), hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji regresi sederhana didapatkan uji analisis regresi linear berganda untuk motivasi belajar = 0,098 dan peran orang tua = 0,062 buat konstanta regresinya merupakan 98,627 sehingga persamaan regresi linear berganda merupakan Y=98,627+0,098X +0,062X dengan artian bahwa motivasi belajar dalam Hasil belajar ekonomi ditingkatkan satu kali dan peran orang tua dianggap konstan (tetap),maka akan meningkatkan hasil belajar 0,098 poin dan jika peran orang tua ditingkatkan satu kali dan motivasi belajar dianggap tetap maka hasil belajar ekonomi akan meningkat sebesar 0,062 poin. Sehingga dapat diketahui bahwa pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan peran orang tua terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1
Beringin
Selain itu Variabel motivasi belajar mempunyai tingkat signifikan sebesar
0,062 >0.05 dan variabel peran orang tua mempunyai tingkat signifikan sebesar
0.031 < 0.05. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan kalau Motivasi Belajar
serta Peran Orang Tau secara bersama-sama mempengaruhi hal yang positif terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IIS SMA Negara 1 Beringin. | en_US |