Show simple item record

dc.contributor.authorONGSINA, ONGSINA
dc.date.accessioned2022-10-31T07:50:58Z
dc.date.available2022-10-31T07:50:58Z
dc.date.issued2022-10-31
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7382
dc.description.abstractSejak kasus pertama virus corona diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada awal maret 2020, Indonesia menghadapi kesulitan hampir disetiap bidang kehidupan,Pada bidang pendidikan sendiri juga sangat merasakan dampak dari pandemi covid,yaitu menyebabkan sekolah-sekolah harus mau atau tidak mau menerapkan pembelajaran secara online untuk mengurangi penyebaran covid.Namun berdasarkan implementasi BDR, ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan,Keberadaan dan pemberlakuan pembelajaran online justru menyebabkan kualitas yang buruk dalam belajar siswa baik sebagai proses maupun sebagai hasil. Situasi ini dapat terjadi karena Indonesia baik guru maupun siswa belum familiar dengan model pembelajaran online.Maka berdasarkan kondisi tersebut, Bapak Nadiem Anwar Makarim membuat program melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, yaitu kampus mengajar. Program kampus mengajar bertujuan untuk mewujudkan merdeka belajar, program ini diperuntukkan untuk mahasiswa semua program studi diperguruan tinggi untuk membantu memajukan pendidikan dasar dalam pengetahuan akan literasi numerasi, terutama disekolah yang masih berada di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Terpelosok) dan terdampak pandemi covid 19.penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui mengenai kegiatan kampus mengajar terhadap peningkatan literasi numerasi siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi/menarik kesimpulan dan triangulasi.Berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa program kampus mengajar dan kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan oleh mahasiswa selama kurang lebih 5 bulan, mampu membantu meningkatkan literasi numerasi siswa yang sebelumnya sempat turun. Hal ini dapat diketahui dari siswa yang semangat dan senang dengan program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa, dan belajar mengajar sambil bermain yang membuat siswa tertarik dan terdorong untuk belajar.en_US
dc.subjectKampus Mengajar,en_US
dc.subjectPeningkatan Literasi Numerasien_US
dc.titleANALISIS KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 TERHADAP PENINGKATAN LITERASI NUMERASI SISWA DISEKOLAH DASAR AKREDITASI Cen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record