• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PRINSIP KERJA SAMA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 1 KUTALIMBARU

    Thumbnail
    View/Open
    ADE TRIA DEPA.pdf (217.1Kb)
    Date
    2022-10-31
    Author
    DEPA, ADE TRIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Prinsip kerja sama merupakan salah satu prinsip percakapan dalam ilmu pragmatic. Prinsip ini menekankan prinsip kerja sama harus terjalin diantara penutur dan mitra tutur yang terjadi dalam sebuah percakapan. Kerja sama yang dimaksud tentunya harus berhubungan dengan tuturan yang diujarkan. Oleh karna itu, penutur harus berupaya agar tuturanya relevan dengan konteks, jelas dan tentunya mudah dipahami padat dan ringkas, dan selalu pada persoalan. Hal tersebut dirangkum dalam maksim-maksim yang terdapat dalam prinsip kerja sama. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatic. Metode deskriptif adalah pemaparan yang berpusat pada penggambaran secara rinci akan situasi lapangan, baik itu berupa kata-kata, kalimat, atau gambar-gambar yang bermakna dan dapat merangsang munculnya pemahaman yang lebih daripada sekedar angka atau frekuensi. Data penelitian ini berupa tuturan-tuturan, kata-kata, kalimat-kalimat interaksi proses belajar mengajar Bahasa Indonesia (transkip percakapan). Teknik pengumpulan data menggunakan tahapan observasi, teknik simak libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Sesuai dengan rumusan masalah yang sudah ditentukan, ada dua hal yang merupakan hasil dari peneitian ini. Pertama, terdapat 50 tuturan yang dianalisis, dan 32% penggunaan dominan maksim kuantitas di sekolah yang dianalisis menggunakan prinsip kerja sama yang dikemukakan oleh Grice. Dan berdasarkan hasil analisis dari pelaksanaan penelitian ini bahwa tingkat prinsip kerjasama pada interaksi belajar mengajar di kelas VII SMP Negeri 1 Kutalimbaru lebih menggunakan maksim kuantitas Selama berinteraksi.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7365
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback