• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Negara
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Negara
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI DINAS PARIWISATA TAPANULI TENGAH DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN OBJEK PARIWISATA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH STUDI KASUS : KANTOR DINAS PARIWISATA TAPANULI TENGAH

    Thumbnail
    View/Open
    TENNY HUTAGALUNG.pdf (240.2Kb)
    Date
    2022-09-07
    Author
    HUTAGALUNG, TENNY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan metode studi kasus. Langkah-langkah yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi. Strategi yang digunakan dalam menggambarkan hasil penelitian adalah analisis SWOT. Hasil penelitian dengan menggunakan strategi Strength adalah Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki potensi yang baik di bidang pariwisata karena letak geografisnya dan banyaknya destinasi wisata, memiliki daya tarik peninggalan sejarah/budaya seperti makam di kawasan Barus yang merupakan bukti sejarah kebesaran masa lalu. Dengan strategi Weakness yaitu kondisi infrastruktur yang kurang memadai, minimnya anggaran yang ada, jumlah atraksi wisata yang berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah Tapanuli Tengah hanya delapan objek wisata dan kurangnya kesadaran pelaku usaha dan masyarakat tentang proses pengembangan pariwisata. Dengan strategi Opportunity yaitu Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah telah melakukan berbagai hal untuk meminimalisir kelemahan dan menghindari ancaman yang muncul dengan mengikuti kemajuan teknologi dengan mempromosikan dan memasarkan pariwisata di Kabupaten Tapanuli Tengah melalui media sosial dan media cetak serta mencari inovasi baru sehingga sehingga wisatawan tertarik untuk berkunjung baik domestik maupun lokal. Dengan strategi Threats yaitu terlalu banyak objek wisata yang dimiliki sehingga kurangnya peningkatan kualitas pelayanan dan masalah pembangunan infrastruktur yang tidak merata, dampak Covid-19 membuat Pendapatan Asli Daerah dari sektor Pariwisata tidak mencapai target yang diharapkan. oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7207
    Collections
    • Ilmu Administrasi Negara [272]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback