dc.contributor.author | Silaban, Bajongga | |
dc.contributor.author | Pane, Januaris | |
dc.contributor.author | Gea, Mega Kristina | |
dc.date.accessioned | 2022-09-02T03:23:25Z | |
dc.date.available | 2022-09-02T03:23:25Z | |
dc.date.issued | 2022-09 | |
dc.identifier.issn | SSN: 2088-0294 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7202 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penguasaan konsep fisika terhadap
kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas X SMP Nasrani 1 Medan tahun pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian adalah pre-experimental design one-shot case study dengan jumlah sampel sebanyak 48 orang yang
penarikannya dilakukan secara purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa nilai rata-rata
penguasaan konsep IPA (fisika) adalah 77.4 dengan standar devias 6.58, tergolong baik dan nilai rata-rata
kemampuan memecahkan masalah sebesar 80.16, dengan standar deviasi 6.28 tergolong baik yang secara
umum dapat mencapa kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 70. Persamaan regresi linier sederhana Y atas X
adalah Y = 20,051+ 0,778 X, dan melalui uji linieritas regresi diperoleh nilai F = 90.703 dan sig. (pvalue) < 0.05
yang menyatakan bahwa kedua varians variabel adalah linier. Selanjutnya indeks koefisien korelasi (r) sebesar
0.815 tergolong tinggi, nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0.6642. Nilai t diperoleh sebesar 9.524 dan sig.
(pvalue) < 0.05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa penguasaan konsep berpengaruh
terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika peserta didik kelas X SMP Nasrani 1 Medan tahun pelajaran
2019/2020. | en_US |
dc.publisher | Jurnal Pendidikan MIPA | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Volume 12.;Nomor 3 | |
dc.subject | Penguasaan Konsep Fisika, | en_US |
dc.subject | Kemampuan Memecahkan Masalah | en_US |
dc.title | Penguasaan Konsep Fisika dalam Memecahkan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas X SMP Nasrani 1 Medan | en_US |
dc.type | Article | en_US |