ANALISIS PENDAPATAN USAHA DAN SALURAN PEMASARAN TANAMAN HIAS
Abstract
tanaman hias berdasarkan strata besar, sedang dan kecil di Desa Bangun Sari dan
2) untuk mengetahui saluran pemasaran tanaman hias berdasarkan strata besar, sedang dan kecil di Desa Bangun Sari.
Penelitian ini dilakukan di Desa Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa
Kabupaten Deli Serdang yang dilakukan secara ‘‘purposive’’ atau secara sengaja. Total populasi dalam penelitian ini sebesar 272 jumlah usaha dan sampel diambil sebesar 6 jumlah usaha yang terdiri dari usaha besar, sedang dan kecil. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah 1) Rata-rata pendapatan semua strata usaha sebesar Rp 37.406.667 dengan pendapatan usahatani tanaman hias/bulan berdasarkan strata besar sebesar Rp 24.871.833, strata sedang sebesar Rp
21.723.167 dan strata kecil sebesar Rp 11.171.774. 2) Saluran pemasaran tanaman hias di Desa Bangun Sari melibatkan beberapa lembaga pemasaran. 1) Produsen – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen, 2) Produsen – Pedagang Besar – Konsumen, 3) Produsen – Pedagang Pengecer – Konsumen dan 4) Produsen – Konsumen. Untuk strata sedang; 1) Produsen – Pedagang Pengecer – Konsumen dan 2) Produsen – Konsumen. Untuk stara kecil; 1) Produsen – Konsumen.
Saran dari penelitian ini adalah usahatani tanaman hias harus meningkatkan kemampuan dalam memasarkan tanaman hias, seperti menjualnya secara online untuk menambah pendapatan.
Collections
- Agribisnis [264]