• Login
    View Item 
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PAPAN SUSUN KATA ANAK HEBAT (PASUKAN HEBAT)” PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN TEMA 6 SUBTEMA 3 BERBASIS SCRAMBLE DI KELAS I SDN 104607 SEI ROTAN

    Thumbnail
    View/Open
    PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PAPAN SUSUN KATA ANAK HEBAT (PASUKAN HEBAT)” PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN TEMA 6 SUBTEMA 3 BERBASIS SCRAMBLE DI KELAS I SDN 104607 SEI ROTAN.pdf (255.2Kb)
    Date
    2022-07-29
    Author
    Ismail, Putri Roka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media pengenalan huruf pada pembelajaran membaca permulaan di Sekolah Dasar serta penggunaan model pembelajaran guru wali kelas yang kurang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media papan susun kata anak hebat (Pasukan Hebat) pada pembelajaran membaca permulaan dan menguji kelayakan media papan susun kata anak hebat (Pasukan Hebat) berbasis scramble pada tema lingkungan bersih, sehat dan asri subtema lingkungan rumahku yang layak untuk kelas I SDN 104607 Sei Rotan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan 4 tahap penelitian model 4-D Thiagarajan yaitu define, design, development, disseminate. Media di validasi pada aspek materi dan media, dengan subjek uji coba dibatasi hanya kepada guru wali kelas I sebagai responden, mengingat menyebarnya wabah Covid-19 di Indonesia termasuk pada lokasi penelitian. Pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil validasi ahli materi menujukkan bahwa media pembelajaran layak dengan skor perolehan 80. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor 86,6 masuk kategori layak. Hasil penilaian guru sebagai responden memperoleh skor 95,5 masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Jika dirata-ratakan hasilnya 87,30 dengan kategori Layak. Berdasarkan perolehan skor tersebut media dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan pada tema “lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri” Subtema 3 “Lingkungan Sekitar Rumah ku”.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7173
    Collections
    • Ilmu Pendidikan [46]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback