MEMBANGUN NILAI MORAL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH DASAR (SD)
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana membangun moral pelajar Pancasila bagi siswa tingkat dasar dan untuk mengetahui nilai-nilai Pancasila apa saja yang diimplementasikan pada siswa tingkat dasar. Metodologi yang digunakan adalah pencarian literatur dengan menelusuri jurnal-jurnal yang berkaitan dengan nilai moral Pelajar Pancasila pada siswa SD. Objek penelitian adalah jurnal penelitian, laporan hasil penelitian, buku. Teknik pengumpulan data secara dokumentasi dengan mencari dalam berbagai publisher jurnal-jurnal. Subjek penelitian merupakan siswa tingkat dasar. Analisis data dilakukan menggunakan analisis data deskriptif. Hasil analisis diperoleh bahwa untuk membangun moral pelajar pancasila melalui proses pendidikan. Nilai-nilai Pancasila yang dapat diimplementasikan pada siswa kelas IV SD melalui pembiasaan-pembiasaan setiap melakukan aktivitas. Nilai bekerja mandiri dan bergotong royong. Nilai berkebhinekaan global, saling menghormati, solidaritas/kekeluargaan, toleransi, kesetaraan yang dikembangkan dilingkungan sekolah.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]