PERANAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 064987 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan buku saku digital berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN 64987 Medan. Adapun penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dari dua sirklus yang mana setiap siklus memiliki beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 064987 yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 15 perempuan dan 13 laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan dokumentasi digunakan dalam teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Adapun pelaksanaan Siklus I dilakukan pada tanggal 7 Maret 2022 dan Siklus II dilakukan pada tanggal 21 Maret 2022. Hasil penelitian dari dua sirklus itu diperoleh antara lain: Nilai terendah yang diperoleh siswa pada Pra Siklus yaitu 51, pada Siklus I yaitu 60 dan pada Siklus II yaitu 65. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa pada Pra Siklus yaitu 78, pada Siklus I yaitu 81 dan pada siklus II yaitu 98. Peningkatan nilai rata-rata siswa yang mana pada Siklus I nilai rata-rata yaitu 72 menjadi nilai rata-rata 81 pada Siklus II. Adanya peningkatan hasil belajar siswa , pada Siklus I yaitu 71% menjadi 86% pada Siklus II. Melalui penggunaan media buku saku digital berbasis android dapat meningkatan hasil belajar siswa IV di SDN 064987 Medan.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]