PELATIHAN PENGGUNAAN KIT IPA BAGI GURU DAN SISWA SMP N 32 MEDAN
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat dengan
judul Pelatihan penggunaan KIT IPA bagi guru SMP
Negeri 32 Medan telah dilakukan pada 5 dan 12 Juni
2021. Hal ini berhubungan dengan alat-alat
laboratorium IPA yang mana merupakan sumber
belajar efektif untuk mencapai kompetensi yang
diharapkan bagi guru dan siswa, sehingga hal tersebut
mampu untuk memberdayakan fungsi laboratorium
secara baik untuk menunjang kelancaran proses belajar
mengajar. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari
bertempat di Ruang laboratorium SMP Negeri 32
Medan. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini
adalah memberikan pelatihan penggunaan serta
keterampilan para guru IPA tentang penggunaan KIT
IPA yang tersedia di SMP Negeri 32 Medan. Kegiatan
pengabdian ini menggunakan metode ceramah,
demonstrasi dan diskusi. Para guru IPA sangat antusias
mengikuti kegiatan ini karena sebagian besar guru
kurang memahami mengenai pemakaian alat KIT IPA.
Pelatihan tentang penggunaan KIT IPA yang tersedia di
laboratorium diharapkan para guru IPA dapat
memperoleh pengetahuan dan keterampilan
bagaimana cara menggunakan dan memanfaatkan
alat-alat tersebut secara tepat sebagai media
pembelajaran. Abstract: The activity of citizen with the
training on the usage of KIT Science for teachers of SMP
Negeri 32 Medan were held on 5th and 12th, June 2021.
This activity could relate to science laboratory
equipment which is an effective learning to achieve the
expected competencies for teachers and students, so it is
able to empower the function of laboratory properly to
support the continuity teaching and learning process.
This activity went on for two days in the laboratory room
of SMP Negeri 32 Medan. The purpose of this activities
are to provide training on the usage and skills of science
teachers on the using of the KIT Science which is
available at SMP Negeri 32 Medan. The coaching service
activity have methods such lecturing, demonstration and discussion methods. The science teachers were very
enthusiastic during participated in the coaching because
most of the teachers did not understand the use of the
KIT Science tools. The training f the usage of the KIT
Science is available in the laboratory that is expected for
science teachers to gain knowledge and skills on how to
utilize and wield these tools appropriately as learning
media.