TEKNIK VOKAL GROWL SEBAGAI EKSPRESI ESTETIS DALAM BERNYANYI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan dalam melatih teknik vokal Growl dalam bernyanyi lagu Pop. Teknik vokal Growl adalah teknik vokal untuk menghasilkan suara geraman. Pada awalnya teknik vokal Growl banyak digunakan oleh vokalis metal atau Rock. Akan tetapi Teknik vokal ini dapat diterapkan pada lagu-lagu Pop sebagai variasi untuk memperindah suara. Bernyanyi dengan baik diperlukan suatu teknik tersendiri agar suara yang dihasilkan terdengar merdu dan indah. Seorang penyanyi untuk menghasilkan suara yang baik diperlukan suatu teknik vokal yang baik dan benar. Selain dengan teknik vokal yang baik, bernyanyi juga diperlukan suatu variasi sebagai bentuk ekspresi estetis. Interpretasi dan ekspresi sangat penting dilakukan pada saat bernyanyi untuk dapat menyampaikan pesan dari isi lagu yang dibawakan. Namun hal ini sulit untuk dilakukan seperti halnya pada beberapa mahasiswa pada mata kuliah praktek vokal Pop Jazz lanjut di Prodi Pendidikan Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Hal tersebut dikarenakan teknik vokal belum terkuasai dengan baik terutama dalam menjangkau nada tinggi. Oleh karena itu sebagai penelitian ini terfokus pada bagaimana tahapan proses latihan teknik vokal Growl dalam bernyanyi sebagai solusi untuk menjakau nada-nada tinggi dapat melakukan dengan teknik vokal Growl. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara secara langsung dengan mengambil sempel studi kasus mahasiswa vokal Pop Jazz di Prodi Pendidikan Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa proses latihan teknik vokal Growl dalam bernyanyi dapat mengatasi jangkauan nada-nada tinggi terutama nada legato dari nada rendah ke nada tinggi. Selain itu teknik vokal Growl dapat dipakai sebagai bentuk ekspresi estetis untuk mewujudkan variasi teknik vokal dalam bernyanyi lagu Pop.
Collections
- Ilmu Seni [13]