UPAYA GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PULAU RAKYAT KABUPATEN
Abstract
Pendidikan PKn merupakan salah satu mata pelajaran wajib bagi peserta didik. Salah satu peran PKn adalah sebagai pendidikan nasionalisme. Namun di era globalisasi seperti sekarang ini sikap nasionalisme mulai terkikis dari diri generasi muda khususnya peserta didik. Hal ini juga dialami oleh peserta didik di SMP Negeri 3 Pulau Rakyat Kabupaten Asahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PKn dalam menanamkan nilai nasionalisme pada siswa dalam kegiatan belajar mengajar, untuk mengetahui sikap siswa setelah memahami nilai nasionalisme melalui pembelajaran PKn dalam kegiatan sehari-hari di sekolah, untuk mengetahui hambatan dan upaya yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan nilai nasionalisme di SMP Negeri 3 Pulau Rakyat Kab Asahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Sikap nasionalisme yang ada pada siswa kelas VII adalah dapat dilihat dari sikap rela berkorban, cinta tanah air, menjunjung tinggi nama bangsa Indonesia, bangga sebagai bangsa Indonesia, persatuan dan kesatuan, patuh dan taat kepada pancasila dan UUD 1945, disiplin, berani dan jujur, serta bekerja keras. Bagaimana menanamkan sikap nasionalisme siswa melalui mata pelajaran PKn antara lain dengan pembiasaan, keteladanan, pemberian contoh yang kontekstual, pembelajaran melalui cerita dan media, seperti gambar pahlawan, lagu Indonesia raya dan lagu wajib nasional lainnya. Hal yang paling efektif dilakukan oleh guru diantaramya adalah pembiasaan dan keteladanan karena dapat dilakukan guru setiap hari. Seperti membiasakan siswa untuk mengikuti upacara bendera, memakai bahasa Indonesia yang baik, memakai produk-produk dalam negeri, rajin belajar, banyak bergaul dengan orang yang memiliki sopan santun yang baik, yang bisa menghargai jasa para pahlawan dan mencintai tanah air dengan sepenuh hati. Dengan demikian memiliki sikap nasionalisme yang baik tentunya kita akan menjadi generasi penerus bangsa yang baik pula.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]