Show simple item record

dc.contributor.authorInsyani, Suci
dc.date.accessioned2022-07-27T11:58:57Z
dc.date.available2022-07-27T11:58:57Z
dc.date.issued2022-07-29
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7082
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kevalidan media pembelajaran Adobe Flash untuk meningkatkan kemampuan spasial dan self efficacy ; 2) kepraktisan media pembelajaran Adobe Flash untuk meningkatkan kemampuan spasial dan self efficacy; 3) keefektifan media pembelajaran Adobe Flash untuk meningkatkan kemampuan spasial dan self efficacy. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Developmental Research) dengan menggunakan model pengembangan Tessmer tipe formative evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa UPT SD Negeri 066650 kelas V berjumlah 30 siswa tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media pembelajaran matematika berbasis Adobe Flash untuk meningkatkan Kemampuan Spasial dan self efficacy siswa yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan spasial siswa menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan pada materi kubus dan balok pada uji coba I (field test I) berada pada kategori rendah dengan skor 0,13, sedangkan pada uji coba II (field test II) peningkatan berada pada kategori sedang dengan skor 0,34; 3) Skor rata-rata pencapaian resiliensi matematis siswa menggunakan pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash pada materi kubus dan balok berada pada kategori tinggi.en_US
dc.description.abstractThis study aims to describe: 1) the validity of Adobe Flash learning media to improve spatial ability and self-efficacy; 2) the practicality of Adobe Flash learning media to improve spatial ability and self-efficacy; 3) the effectiveness of Adobe Flash learning media to improve spatial ability and self-efficacy. This research includes developmental research using the formative evaluation type of Tessmer development model. The subjects in this study were all students of UPT SD Negeri 066650 class V totaling 30 students in the 2021/2022 academic year. The results showed that 1) Adobe Flash-based mathematics learning media to improve students' Spatial Ability and self-efficacy had met the valid, practical and effective criteria; 2) Increasing students' spatial abilities using learning media developed on cube and block material in the first trial (field test I) was in the low category with a score of 0.13, while in the second trial (field test II) the increase was in the medium category with a score of 0.34; 3) The average score of the achievement of students' mathematical resilience using the development of learning media based on Adobe Flash on cube and block material is in the high category.en_US
dc.publisherSeminar Nasional 2022 - NBM Artsen_US
dc.subjectLearning Media Developmenten_US
dc.subjectAdobe Flashen_US
dc.subjectSpatial Abilityen_US
dc.subjectself efficacyen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF EFFICACY KELAS V UPT SD NEGERI 066650 MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record