• Login
    View Item 
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ANAK MEMBACA PERILAKU ORANG LAIN MELALUI PERMAINAN DALAM LAGU DAERAH (KOLABORASI INDONESIA-PERANCIS)

    Thumbnail
    View/Open
    MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ANAK MEMBACA PERILAKU ORANG LAIN MELALUI PERMAINAN DALAM LAGU DAERAH .pdf (314.5Kb)
    Date
    2022-07-29
    Author
    Astuti, Kun Setyaning
    dit Falisse, Joaquim Motte
    Aminatun, Tien
    Astuti D, Siti Irene
    Retnawati, Heri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tulisan ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan penelitian berjudul” Peresapan Pembelajaran lagu Daerah Terintegrasi IPAS untuk pembudayaan kesenian lokal dalam membangun karakter peduli lingkungan dan mendukung Green Economy, SKIM Penelitian Kompetitif Nasional Terapan dengan sumber dana DRTPM DIKTI Tahun anggaran 2022. Hal yang melatarbelakangi tulisan ini adalah salah satu tujuan kehidupan adalah untuk saling mengenal dan saling memberi untuk mencapai kebahagiaan bersama. Namun dalam kenyataannya hal tersebut sering tidak dapat terwujud dengan baik, salah satunya dikarenakan adanya kesalahpahaman, baik kesalahpahaman personal yang bersifat individu, maupun kesalahpahaman berjamaah yang dikarenakan perbedaan budaya. Untuk itu pengembangan sikap saling mengerti dan memahami perlu dikembangkan sejak dini agar terjalin kerjasama sehingga terwujud kehidupan yang harmonis. Tujuan penulisan ini adalah untuk menjelaskan bagaimana permainan atau game dan lagu daerah dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam membaca perilaku orang lain. Adapun lagu-lagu tradisional Perancis yang dinyanyikan adalah “J’aime Le Galette”, “Y'a longtemps qu'on mange” dan permainan ”Le facteur n’est pas passé”. Sementara lagu-lagu dolanan anak-anak Jawa yang dinyanyikan adalah “Gambang Suling”, “Kembang Melati”, “Kupu Kuwi”, dan permainan dalam lagu dolanan “Cublek-cublek Suweng”. Hasil kajian menunjukkan bahwa, 1) anak-anak dapat mempelajari permainan dan lagu-lagu tradisional Jawa dan Perancis dengan baik; 2) anak-anak dapat membaca perilaku anak-anak lain berdasarkan mimik wajah pada permainan ”Le facteur n’est pas passé” dan lagu “Cublak-cublak Suweng”; 3) Permainan dan lagu-lagu daerah mampu mengembangkan kemampuan peserta didik membaca perilaku orang lain.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7081
    Collections
    • Ilmu Pendidikan [46]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback