EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SDN 10 ULU MAHUAM TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Sains merupakan pembelajaran pokok yang harus dibelajarkan di sekolah dasar dan menengah bahkan sampai perguruan tinggi. Namun berdasarkan hasil observasi siswa memiliki anggapan sains pelajaran yang sulit. Sehingga minat belajar rendah dan tujuan belajar pun tidak maksimal. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan minat belajar siswa dapat meningkat dengan model problem based learning (PBL) pada materi sumber daya alam dan penggunaannya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 10 Ulu Mahuam Kecamatan Silangkitang Kabupaten Labuhan Batu Selatan tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 37 orang. Hasil penelitian menunjukkan dari Persentase rata-rata hasil observasi minat belajar siswa telah meningkat dari 28,35 dengan nilai 35,43 pada saat siklus I (Pertemuan I) menjadi 38,21 dengan nilai 47,7 pada saat siklus I (Pertemuan II). Pada siklus II persentase rata-rata hasil observasi siswa telah meningkat menjadi 53,27 dengan nilai 66,58 pada siklus II (Pertemuan I) menjadi 64,18 dengan nilai 80,23 siklus II (Pertemuan II). Terlihat jelas bahwa model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN 10 Ulu Mahuam.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]