IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ANIMASI PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VI SD NEGERI 101927 SEKIP KECAMATAN LUBUK PAKAM
Abstract
Model problem based learning (PBL) merupakan serangkaian pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk berfikir kreatif dan autentik dalam memecahkan masalah secara mandiri atau kelompok. Media animasi merupakan alat elektronik yang memadukan gambar gerak dan iringan musik yang disajikan dengan menarik. Maka peneliti mengimplementasikan model problem based learning (PBL) berbantuan media animasi dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian dengan langkah penelitian tindakan. Penelitian dilakukan di SDN 101927 Sekip Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Pada siswa kela VI dengan jumlah 18 orang pada materi hak dan kewajiban mata pelajaran PPKn. Dari hasil tiap tahapan terbukti dengan implementasi model problem based learning (PBL) berbantuan media animasi efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada postest siklus I meningkat dari pretest yaitu 20%, dan pada siklus II hasil postest meningkat dari siklus I yaitu 22%.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]