ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SD NEGERI 095130 SENIO BANGUN KABUPATEN SIMALUNGUN
Abstract
Pendidikan karakter sangat lah penting dimiliki anak bangsa untuk membangun dan memajukan bangsa dengan jujur, kreatif dan tepat. Namun pembentukan karakter anak terjadi tidak ke arah positif. Hal ini disebabkan karena pola asuh yang salah karena pada umumnya anak-anak sering berkata tidak jujur atau sering mencuri karena lingkungan yang kurang baik terutama pada era globalisasi. Era globalisasi memberi dampak yang cukup luas dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk tuntutan dalam penyelenggaraan pendidikan. Salah satu tantangan nyata tersebut adalah bahwa pendidikan hendaknya mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi utuh, dikenal dengan kompetensi abad ke 21. Abad ke 21 merupakan abad keterbukaan atau abad globalisasi , yang artinya kehidupan manusia pada abad ke 21 mengalami perubahan-perubahan yang fundamental yang berbeda dengan tata kehidupan dalam abad sebelumnya. Sehingga Ilmu pendidikan sangat penting untuk semua masyarakat dari kalangan kecil sampai kalangan besar yang ada di indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan cara guru untuk mengembangkan pendidikan karakter yg ada pada siswa SDN 095130 Senio Bangun. Metode Yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah wali kelas dan siswa SDN 095130 Senio Bangun. Instrumen pada penelitian ini adalah angket yang mengukur pendidikan karakter, alat tulis dan alat rekam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa anak yang memiliki pendidikan karakter yang positif dan ada yang negatif. . Berdasarkan hasil wawancara guru beranggapan bahwa pembentukkan pendidikan karakter pada siswa tidak hanya tugas guru melainkan orangtua harus ikut ambil dalam mengarahkan dan membentuk pendidikan karakter siswa ke arah positif.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]