PENGEMBANGAN POSTER PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SEBAGAI WUJUD PENERAPAN NILAI NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN DI SDN 030317 GUNUNG SAYANG
Abstract
Semakin berkembang pesatnya perkembangan jaman, menyebabkan banyak pengikisan terhadap nilai nilai kearifan lokal, sehingga perlu dilakukan penguatan nilai nilai kearifan lokal yang dapat dilakukan melalui pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan poster pembelajaran seni budaya sebagai wujud penerapan nilai nilai kearifan lokal dalam pendidikan di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 030317 Gunung Sayang pada kelas V dengan jumah peserta didik sebanyak 28 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian dan Pengembangan dengan model penelitian ADDIE. Adapun Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket. Melalui uji kelayakan dan efektifitas yang telah dilakukan, diperoleh hasil uji kelayakan ahli materi seni budaya dengan presentasi kelayakan 80% yang dikategorikan layak, hasil uji kelayakan ahli media poster dengan presentasi 82% yang dikategorikan layak. Sehingga diperoleh poster pembelajaran seni budaya sebagai wujud penerapan nilai nilai kearifan lokal dalam pendidikan di sekolah dasar yang “Layak” untuk digunakan, selain itu melalui uji keefektifan diperoleh peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan poster, uji efektifitas dilakukan dengan mengadakan pre test dan post test menggunakan lembar tes yang berkaitan dengan materi seni budaya, melalui uji efektifitas diperoleh hasil belajar rata rata sebelum menggunakan poster yakni 73 serta setelah menggunakan poster meningkat menjadi 91. Oleh sebab itu disimpulkan poster pembelajaran seni budaya yang dikaitakan dengan nilai nilai kearifan lokal dalam materinya layak untuk digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]