Show simple item record

dc.contributor.authorRahayu, Nora
dc.date.accessioned2022-07-23T14:20:31Z
dc.date.available2022-07-23T14:20:31Z
dc.date.issued2022-07-29
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7026
dc.descriptionThe millennial era marked by the industrial revolution 4.0 is the hope of the nation to catch up with developed countries while still strengthening the values of the nation's character. strengthen the value of character and national identity in the midst of social life. It is time for national character education to be re-analyzed so that it is in line with global world developments so as to be able to grow a creative economy that can lead all people in the world to live a better and dignified life. The digital era provides positive opportunities for the implementation of character education which has sparked a discourse on the creative economy which has now become a global phenomenon. Our challenge is how to teach students to navigate good character ethics in the digital era so that they are able to foster creativity to improve the economy in the industrial revolution era. 4.0. This research is a review research with the aim of knowing the implementation of national character education in growing a digital-based creative economy in the era of the industrial revolution 4.0. The search for journal articles was carried out through the Google Scholar electronic database. The initial search found articles from 2,250 journals, and several journals were taken to be reviewed. The results of a systematic review found that from the articles reviewed, it was not only technological sophistication and creativity that were needed today, but character education also had an effect and was very important. in growing the creative economy in the era of the industrial revolution 4.0 and in facing various challenges that will be faced in the future.en_US
dc.description.abstractEra milenial yang ditandai dengan era revolusi industri 4.0 menjadi harapan bangsa mengejar ketertinggalan dari negara maju dengan tetap memperkuat nilai karakter bangsa Di era revolusi industri 4.0 menjanjikan kehidupan yang lebih positif, untuk itu harus cepat beradaptasi dengan kecanggihan teknologi yang sedang berkembang dengan pesat tapi tetap dengan menguatkan nilai karakter dan jati diri bangsa di tengah kehidupan bermasyarakat. Pendidikan karakter bangsa sudah waktunya dianalisa kembali agar selaras dengan perkembangan dunia global sehingga mampu menumbuhkan ekonomi kreatif yang dapat menghantar semua insan di dunia untuk hidup yang lebih baik dan bermartabat. Era digital memberi peluang positif pada implementasi pendidikan karakter telah memicu lahirnya wacana mengenai ekonomi kreatif yang saat ini telah menjadi fenomena global.Tantangan kita adalah bagaimana mengajari siswa untuk menavigasi etika karakter yang baik di era digital sehingga mampu menumbuhkan kreatifitas untuk meningkatkan ekonomi di era revolusi industry 4.0.Penelitian ini merupakan penelitian review dengan tujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter bangsa dalam menumbuhkan ekonomi kreatif berbasis digital di era revolusi industri 4.0. Pencarian artikel jurnal dilakukan melalui database elektronik google scholar. Pencarian awal ditemukan artikel 2.250 jurnal, dan diambil beberapa jurnal yang akan di revisw.Hasil systematic review menemukan bahwa dari beberapa artikel yang direview, bahwa bukan hanya kecanggihan teknologi dan kreativitas yang dibutuhkan saat ini , namun pendidikan karakter juga berpengaruh dan merupakan hal yang sangat penting dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di era revolusi industry 4.0 serta dalam menghadapi berbagai tantangan yang akan dihadapi dimasa yang akan datang.en_US
dc.publisherSeminar Nasional 2022 - NBM Artsen_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.subjectEkonomi kreatifen_US
dc.subjectRevolusi Industri 4.0en_US
dc.titlePERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENUMBUHKAN EKONOMI KREATIF BERBASIS DIGITAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record