dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar mandiri dan pembelajaran daring terhadap prestasi akademik selama pandemik kelas VIII SMP Swasta Yosef Arnoldi Bagan Batu pada mata pelajaran ips tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Yosef Arnoldi Bagan Batu tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 68 siswa sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni Uji Normalitas, Analisis Regresi Linier Berganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Uji Hipotesis secara Parsial (Uji t), Uji hipotesis secara Simultan (Uji F) dan Koefesien Determisasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring selama pandemik berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar mandiri dan pembelajaran daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik dengan diperoleh persamaan Y= 1,607 + 0,629X1 + 0,409X2 dengan penjelasan bahwa setiap peningkatan 1% lingkungan belajar mandiri (X1) maka prestasi akademik (Y) akan meningkat sebesar 0,629 dan setiap peningkatan 1% pembelajaran daring (X2) maka prestasi akademik (Y) akan meningkat 0,409. Uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk variabel X1 diperoleh t-hitung X1 (5.825) > t-tabel (1.98) dan p-value (0,000) yang dapat disimpulkan bahwa variabel X1 (Lingkungan Belajar Mandiri) memberi pengaruh signifikan terhadap variabel terikat Y (prestasi akademik) dan variabel X2 diperoleh t-hitung X2 (5.741) > t-tabel (1.98) dan p-value (0,000) <0,05 yang dapat disimpulkan bahwa variabel X1 (Pembelajaran Daring) memberi pengaruh signifikan terhadap variabel terikat Y (prestasi akademik). | en_US |