dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran kontekstual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP swasta gajah mada medan pada mata pelajaran IPS tahun 2021/2022.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Gajah Mada Medan Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 42 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa,dokumentasi dan lembar observasi aktivitas belajar siswa untuk melihat aktivitas belajar siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
Dari data hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh kategori sangat tinggi tidak ada (0%), kategori tinggi 12 orang (28,57%),kategori cukup 24 orang (57,14%) dan siswa yang aktivitas belajarnya rendah ada 6 orang (14,28%). Sedangkan pada siklu II di peroleh kategori aktivitas belajar siswa sangat tinggi ada 2 orang atau (4,76%), kategori tinggi 36 orang (85,71%), kategori cukup 4 orang atau (9,52%) dan aktivitas belajar siswa rendah tidak ada (0%). Selanjutnya adalah dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 22 orang atau (52,38%) yang tuntas dengan mencapai nilai rata- rata 69,17% dan siklus II meningkat menjadi 36 orang atau (85,71%) yang tuntas dengan nilai rata-rata mencapai 80,71%).
Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran kontekstual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan Pada Mata Pelajaran IPS Tahun Ajaran
2021/2022. | en_US |