ANALISA PENGARUH TEKANAN DAN PUTARAN PENGEREMAN TERHADAP LAJU KEAUSAN KAMPAS REM CAKRAM SEPEDA MOTOR
Abstract
Kampas rem merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan khususnya kendaraan darat, dimana kendaraan roda dua banyak digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keausan kampas rem pada pengaruh variasi tekanan dan putaran pengereman terhadap laju keausan kampas rem sepeda motor dan penelitian terhadap kekerasan material berdasarkan sifat mekanik dan laju keausan kampas rem. Dalam penelitian ini,bahan kampas rem yang digunakan untuk pengujian yaitu 9 sampel aftermarket non genuine merek ichidai platinum dan 1 sampel aftermarket genuine merek Yamaha untuk sepeda motor Yamaha Vixion
150 cc. Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan variasi tekanan 5 Psi, 10
Psi, 15 Psi dan variasi putaran sebesar 600 Rpm, 1000 Rp dan 1500 Rpm. Data yang diperoleh dari pengujian keausan kampas rem dari variasi tekanan dan putaran, mendapat keausan paling rendah pada sampel yang menggunakan 5 Psi dan putaran 600 Rpm dengan nilai rata-rata keausan 1,441 x 10-8 g/mm2.detik (0,09 g/mm2.detik) dan keausan paling tinggi pada sampel yang menggunakan 15
Psi dan putaran 1500 Rpm dengan nilai rata-rata 3,793 x 10-8 g/mm2.detik (0,24 g/mm2.detik). Pada penelitian kampas rem ini, terdapat pada sampel yang menggunakan 10 Psi dan putaran 1500 yang menghasilkan keausan yang seimbang dengan nilai kekerasan material tersebut, dengan nilai rata-rata keausan
2,049 x 10-8 g/mm2.detik (0,13 g/mm2.detik) dan kekerasan material 108 HA. Dari hasil data penelitian perbandingan keausan dan kekerasan kampas rem aftermarket non genuine dan genuine, maka disimpulkan bahwa pada kampas rem aftermarket non genuine, laju keausannya lebih rendah dibanding yang genuine.
Collections
- Mesin [232]