UPAYA MENINGKATKAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS DI SD NEGERI 030323 BUKIT TINGGI
Date
2022-05-20Author
Silaban, Bajongga
Limbong, Monica
Simanungkalit, Ivana
Silaban, Viriska Winda S
Pakpahan, Afriyanti
Simbolon, Layasina
Metadata
Show full item recordAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh tim FKIP Universitas HKBP Nommensen sebagai salah satu bagian dari Tri Dharma Pendidikan Tinggi dilakukan secara serentak mulai tanggal 02 sampai dengan 26 Februari 2022. Salah satu lokasi tempat yang dipilih yaitu di SD Negeri 030323 Bukit Tinggi, kecamatan Pegagan Hilir, kabupaten Dairi berbentuk bimbingan belajar kepada peserta didik. Sasaran kegiatan yang dilaksanakan adalah pembimbingan bahasa indonesia yang baik dan benar. Selain itu juga membimbing dalam penguasaan bahasa inggris yang sangat diperlukan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Berdasarkan observasi yang dilaksanakan sebelum kegiatan ini dilaksanakan, peserta didik masih banyak yang tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar di saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini merupakan dampak kebiasaan penggunaan bahasa daerah pada kehidupan sehari–hari dan lingkungan keluarga sehingga terbawa-bawa ke sekolah. Berangkat dari hasil observasi tersebut, peserta PkM bersama guru-guru dan peserta didik melakukan terobosan baru dengan memaksimalkan penggunaan bahasa indonesia melalui bimbingan yang dilaksanakan di dalam dan di luar lingkungan sekolah. Selama kegiatan berlangsung, peserta didik sebagai sasaran PkM sangat antusias, karena tim menggunakan pendekatan secara humanistis baik di sekolah maupun di luar sekolah sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan. Di sela-sela kesibukan pembimbingan penguasaan bahasa, tim juga memanfaatkan waktu untuk mengarahkan mereka dalam kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, kekeluargaan, keimanan, kerindangan, kerapihan, dan keindahan). Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa rata-rata peningkatan peserta didik berbahasa indonesia dan bahasa inggris masing-masing 85,55% (sangat baik) dan 62,62% (sedang). Peningkatan yang paling menonjol penguasaan bahasa indonesia dan bahasa inggris dialami para peserta didik kelas V dan kelas VI, hal ini karena perkembangan kognitif yang lebih tinggi tingkatannya.