Show simple item record

dc.contributor.authorSimanjuntak, Harlen
dc.date.accessioned2022-05-09T05:29:57Z
dc.date.available2022-05-09T05:29:57Z
dc.date.issued2022-05-09
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6669
dc.description.abstractPuji dan syukur saya sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nyalah, buku yang berjudul Telaah Kurikulum ini dapat terselesaikan. Buku ini disusun untuk menjawab atas kebutuhan para mahasiswa khususnya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tentang telaah kurikulum. Materi ini menjadi mata kuliah wajib bagi para mahasiswa calon tenaga pendidik, sebagai pengetahuan awal bagi mereka tentang kurikulum. Sehingga mata kuliah ini menjadi suatu keharusan untuk ditelaah dan diimplementasikan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan pendidikan adalah kurikulum. Setiap saat kurikulum dibutuhkan oleh dunia pendidikan sebagai arah untuk menentukan mau di bawa ke mana anak bangsa ini. Melalui kegiatan pendidikan maka kehadiran kurikulum memegang peranan yang sangat penting sebab berkaitan dengan penentuan arah, isi dan proses pendidikan. Keberhasilan kurikulum dapat dilihat dari aspek out put sebagai lulusan, apakah mereka dapat memamnfaatkan ilmunya serta diterima oleh masyarakat sebagai pengguna lulusan. Desain dan implementasi kurikulum merupakan keahlian sekaligus tugas bagi seorang pendidik, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan cita-cita luhur bangsa Indonesia yang tertuang dalam Undang-undang Dasar 1945. Terkait dengan kurikulum maka tugas seorang pendidik adalah merencanakan, mengorganisasikan dan mengimplementasikan serta mempertanggung jawabkan suatu program pendidikan yang sudah dirumuskan. Dengan demikian maka kurikulum yang tertuang dalam suatu program tersebut dibuat dan dipertanggungjawabkan oleh pendidik atau sekolah. Atas dasar pemikiran di atas maka keilmuan tentang kurikulum, mulai dari konsep dasar, pengertian, prinsif dan landasan, model konsep kurikulum, model implementasi kurikulum, konsep model, teknik, pendekatan dalam pembelajaran mempunyai kedudukan yang sangat berperan dalam mempersiapkan generasi pendidik sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan kurikulum. Penulis juga berharap kritik dan saran yang membangun untuk buku ini. Sebab, penulis sangat menyadari bahwa buku yang disusun ini masih jauh dari kesempurnaan. Semoga buku ini bermanfaat bagi kita semua.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectDiktaten_US
dc.subjectTelaahen_US
dc.subjectKurikulumen_US
dc.titleDiktat Telaah Kurikulumen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record