Show simple item record

dc.contributor.authorSARAGIH, MARCHELINO ELPAN
dc.date.accessioned2022-04-09T04:56:41Z
dc.date.available2022-04-09T04:56:41Z
dc.date.issued2022-04-09
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6654
dc.description.abstractPendahuluan: Kekurangan gizi dapat menyebabkan beberapa dampak serius seperti gangguan pertumbuhan fisik serta tidak optimalnya perkembangan dan kecerdasan yang akan mengakibatkan penurunan produktifitas, menurunnya prestasi belajar pada anak sekolah dan menurunnya daya tahan tubuh yang akan meningkatkan risiko terkena penyakit dan kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan tingkat prestasi pada siswa/i kelas X-XI SMAN 1 Tebing Tinggi pada tahun 2021. Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian didapatkan sebanyak 70 orang dari kelas X dan XI yang diambil dengan teknik consecutive sampling. Data status gizi diperoleh dengan menentukan Z score subjek dan data prestasi belajar diperoleh dari nilai rata-rata rapor semester ganjil TA 2020-2021 subjek. Uji hipotesis menggunakan uji Chi square. Hasil: Mayoritas subjek penelitian berada kelompok status gizi baik (54,3%) dan pretasi belajar mayoritas subjek penelitian berada pada kelompok sangat baik (51,4%). Uji Chi square menunjukkan adanya hubungan status gizi dengan prestasi belajar pada siswa/i kelas X dan XI SMA N 1 Tebing Tinggi (p<0,005). Kesimpulan :Adanya hubungan status gizi dengan prestasi belajar pada siswa/i SMA N 1 Tebing Tinggi.en_US
dc.subjectPrestasi belajar,en_US
dc.subjectstatus gizi,en_US
dc.subjectsiswa/i kelas X dan XI.en_US
dc.titleHUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA/I SMA NEGERI 1 TEBING TINGGIen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record